Sabtu, 25 Januari 2014

MASJID ISLAMIC CENTER SAMARINDA, KALIMANTAN TIMUR



Tidak dapat kita pungkiri lagi bahwa masjid Islamic Centre Samarinda merupakan masjid yang sangat elegan dan memiliki daya tarik yang cukup luar biasa untuk menarik perhatian masyarakat dan penduduk luar Samarinda yang melintasi jalanan tepat di depan masjid ini. Tidak berhenti sampai disini, masjid Islamic Centre Samarinda juga merupakan Masjid terbesar kedua se Asia Tenggara setelah masjid Istiqlal Jakarta dan masjid yang bernuansa ala Timur Tengah.
3 generasi masa Presiden pun ikut andil dalam pembangunan Masjid Islamic Centre Samarinda yang pada waktu itu awal pembangunannya dimulai oleh Presiden Abdurrahman Wahid pada tanggal 7 Juli 2000, disaat meresmikan beberapa proyek di PT Pupuk Bontang diatas tanah seluas 7,2 hektar.
Pemancanangan tiang induk pada tanggal 5 juli 2001 oleh ibu Megawati, kemudian diresmikan oleh bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 16 Juni 2008 dengan luas bangunan masjid sekitar  43.560 meter2.

FASILITAS PENUNJANG :

1. TAMAN KANAK-KANAK (TK)

Luas bangunannya sekitar 490 meter yang berada di sebelah barat bangunan Masjid Islamic Centre dan merupakan TK yang bertaraf internasional.










 



2. POLIKLINIK
Poliklinik dan rumah bersalin juga telah di sediakan untuk masyarakat di dalam lingkungan masjid ini, yang di lengkapi dengan fasilitas rumah inap, apotek/toko obat. Luas bangunannya cukup besar yaitu sekitar 3.550 meter2 .



3. GUEST HOUSE
Guest house/wisma merupakan salah satu fasilitas penunjang yang sangat penting untuk masyarakat maupun pengunjung sebagai tempat beristirahat yang datang ke masjid ini untuk melakukan kegiatan ibadah maupun yang lainnya. Wisma ini memiliki kapasitas kurang lebih 100 orang dengan 2 orang dalam 1 kamar disertai dengan toilet dan kamar mandi di dalamnya. Kemudian ada pula fasilitas pendingin ruangan/full AC di setiap kamar sebagai bagian dari pelayanan kamar tersebut. Luas bangunan ini kurang lebih sekitar 835 meter2.
  




 4. RUMAH IMAM
Masjid Islamic Centre Samarinda juga menyiapkan kenyamanan dalam beribadah, maka dari itu telah disediakan rumah para Imam dan Muadzin sejumlah 4 buah rumah dengan luas secara keseluruhan kurang lebih 750 meter2.










5. TEMPAT PARKIR DAN TAMAN HIAS
Kesediaan tempat parkir yang mengitari kawasan Islamic Centre di hiasi dengan tanaman dan tumbuhan bunga serta pepohonan kurma yang menguatkan nuansa ala Timur Tengahnya.

Dilengkapi juga dengan keunikan-keunikan seperti menara Asmaul Husna (menara utama) dengan ketinggiannya 99 meter yang dimana menara disini terdapat 7 buah tetapi tingginya yang berbeda beda. Dibagian lantai teratas (lantai 15) para pengunjung dapat menikmati keindahan sungai Mahakam secara jelas serta dapat pula kita melihat beberapa daerah dikota Samarinda dari atas menara tersebut.
 
Dan selanjutnya 4 menara lainnya yang terletak di setiap sudut masjid masing-masing memiliki tinggi 70 meter, 2 menara lainnya(disebut dengan menara kembar) terletak di kedua sisi pintu gerbang masuk masjid masing-masing setinggi 57 meter.
Kemudian ada anak tangga menuju menara yang  berjumlah sekitar 33 buah  (mengikuti jumlah hitungan tasbih).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar