Senin, 27 Januari 2014

FESTIVAL MAHAKAM 2013

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda, Kalimantan Timur HM Faisal mengatakan,  penyelenggaraan Festival Mahakam 2013 tidak menggunakan dana APBD tetapi dibantu oleh pihak swasta (seluruh kegiatan itu disponsori oleh pihak ketiga sehingga pelaksanaan Festival Mahakam tidak membebani keuangan daerah).
Berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan pada Festival Mahakam 2013 yakni Mahakam Expo yang mulai dilaksanakan pada 31 Oktober hingga 3 November di Samping Islamic Centre Samarinda. Kemudian parade Band Pub dan Cafe yang dilaksanakan di Tepian Sungai Mahakam serta Mahakam Jazz Fiesta(ada 14 peserta yang diikuti pula oleh warga asing diantaranya Brazil, Belanda dan Amerika).

Pembukaan secara resmi Festival Mahakam berlangsung Sabtu 2 November 2013 di halaman Islamic Centre Samarinda dengan menampilkan berbagai kegiatan di antaranya, penyerahan plakat MURI lomba memasak, lomba memancing, lomba dayung Perahu Naga (lomba perahu naga dengan rute membelah Sungai Mahakam. Perahu yang digunakan adalah perahu kayu yang dipahat menyerupai naga yang diikuti oleh 240 peserta dari beberapa daerah Kaltim seperti Balikpapan, Kutai Kartanegara, Kutai Barat, Bontang, Paser, dan Penajam Paser Utara), lomba Power Boating, lomba menggambar dan mewarnai serta lomba Tari Pesisir.
Didalam acara lomba memasak  itu,  akan digelar di halaman parkir Islamic Center dan dimulai pada pukul 07.00. Celebrity chef  Billy Kalangi, direncanakan yang memandu acara tersebut. Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda, Faisal, mengatakan rekor MURI yang dipecahkan adalah rekor belajar memasak atau cooking class terbanyak. Rekor sebelumnya di Jakarta pada April 2012 sebanyak 2.500 orang ibu-ibu. Sementara di Festival Mahakam ini akan melibatkan 3.000 ibu-ibu.
Dan yang kedua yaitu kontes memasak bersama Pejabat Pemerintahan sebanyak 500 pejabat yang turut serta dalam Lomba Memasak Nasi Goreng Spesial, yang mana rekor sebelumnya dibuat di Bandung pada November 2012 sebanyak 223 orang.
 
Pada Minggu 3 november 2013 digelar kegiatan lomba berenang menyeberangi Sungai Mahakam, karnaval budaya, lomba fotografi dan desain logo, lomba perahu tambangan, lomba fashion sarung Samarinda dan puncaknya yakni pergelaran ritual adat Dayak Hudoq Kawit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar